Minggu, 27 Januari 2013

Cara Mendefrag Komputer


Sebenarnya apa itu defrag ? defrag merupakan suatu proses yang dipergunakan untuk merapikan, menyusun, dan menata berbagai file dan isi dalam sebuah hard disk.
Apa fungsi dari defrag ? Berdasarkan penjelasan diatas, dapat disimpulkan bahwa defrag dapat meningkatkan kecepatan membaca data komputer karena tersusunnya data secara rapi pada hard disk. Selain itu defrag juga dapat mengakomodasi kestabilan dan kondisi hard disk.


Masih bingung ? Sekarang lihat lemari pakaian softholic mania, lebih mudah mencari baju atau celana pada lemari pakaian yang rapi atau lemari pakaian yang berantakan ? Softholic mania pasti menjawab akan lebih mudah mencari pakaian pada lemari pakaian yang rapi dan tertata berdasarkan jenis pakaiannya. Seperti itulah fungsi dari defrag mengurutkan data sesuai dengan tempatnya sehingga memudahkan pencarian sebuah data pada hard disk.
Apa yang menyebabkan komputer harus di defrag ? Komputer harus di defrag disebabkan oleh proses manipulasi data yang terjadi pada hard disk softholic mania seperti (install/uninstall program, delete file, move file, copy file, ataupun manage file).
Berapa kali kita harus melakukan defrag ? defrag dilakukan minimal 1-3 bulan sekali akan tetapi hal itu juga tergantung dari manipulasi data yang softholic mania lakukan pada hard disk, semakin sering melakukan manipulasi pada hard disk maka semakin sering pula dilakukan defrag pada hard disk.


  1. Klik start.
  2. Kemudian Pilih Accessories.
  3. Pilih System Tools.
  4. Klik Disk Defragmenter.
  5. Pilih salah satu yang akan anda defrag.
  6. Klik Analyze.
  7. Kemudian klik Defragment.
  8. Tunggu hingga proses defrag selesai.
Agar komputer Anda labih optimal sebaiknya lakukan Cara Mengunakan Disk CleanUp. Selamat mencoba.. Semoga Dengan Cara Mendefrag Harddisk Komputer ini dapat bermanfaat buat anda dan semoga dapat membantu dalam mengoptimalkan kerja Harddisk Komputer anda.
Sumber : http://www.softholic.net/index.php/2011/11/24/kenapa-defrag-komputer-harus-dilakukan/
Share it:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tuliskan Komentar anda